Wisata Jawa Timur : Ubalan, Wisata Alam Luar Biasa Beraroma Mistis




Sangkar burung merak di pusaran jalan itu terlihat megah. Dikelilingi kolam ikan hias berbagai jenis, sangkar yang dihuni satu burung merak ukuran besar itu menjadi icon tempat wisata alam Ubalan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ubalan di Kabupaten Kediri

Tak hanya menyajikan aneka satwa ramah seperti burung, ikan, dan monyet, tempat wisata yang berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Kediri ini juga menjanjikan panorama alam yang asri. Hal ini setidaknya tampak dari banyaknya pohon besar yang tumbuh menyerupai hutan serta sebuah mata air yang menggenangi pemandian.
Melengkapi hutan mini yang dikelola di atas lahan seluas 12 hektar di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, pengelola tempat menyediakan sarana permainan anak-anak tradisional. Diantaranya adalah ayunan, jungkat-jungkit, hingga kursi putar yang didorong dengan tangan.

Beberapa ekor monyet yang sengaja dilepas semakin meramaikan kawasan ini. Mereka berbaur bebas dengan pengunjung tanpa khawatir menggigit atau mencakar. Perilaku lucu primata ini bahkan menjadi perhatian tersendiri karena sikapnya yang sangat cair. Mereka tak segan mengkorek tempat sampah atau memungut sisa minuman dan makanan wisatawan untuk disantap. Tingkah ini tak pelak memicu beberapa pengunjung untuk berbagi bekal makanan kepada monyet.
Puas bermain-main dan menyusuri kawasan pohon besar, etape berikutnya menyerupai jalur setapak. Rute yang berada di belakang taman wisata ini menjulur mengikuti aliran sungai kecil menuju pemandian mata air Ubalan. 
Sejak turun temurun masyarakat sekitar mempercayai kolam ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Bahkan mereka mengaku tak berani memancing ikan yang berkeliaran di dalamnya dengan alasan magis. "Bisa sakit dan meninggal kalau mengambil ikannya," kata Trimo, warga sekitar.

Terlepas kisah misteri yang menyelimutinya, lokasi pemandian ini tak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata mereka ingin menjajal dinginnya air pegunungan yang asri dan segar. Sejumlah pengunjung juga tak segan mengambil air ke dalam botol untuk dibawa pulang.
Untuk mengurangi nuansa mistis tersebut, Pemerintah Kabupaten Kediri mulai mempercantik tampilan lokasi dengan sarana modern. Diantaranya adalah kolam renang dan prasarana outbond. Penambahan arena bermain anak yang menggandeng pihak ketiga dengan menyediakan mobil batrei turut menggeser kawasan mistis ini menjadi hiburan.
Dengan harga tanda masuk sebesar Rp 5.000 per kepala, taman wisata Ubalan layak menjadi tempat rekreasi alam yang murah dan meriah.

Taman Wisata Ubalan terletak + 15 km, + 20 menit dari Kota Kediri. Taman wisata ini memiliki hutan lindung dan mata air yang jernih disamping juga:
  1. Wana wisata
  2. Kolam renang
  3. Kolam perahu dan sepeda air
  4. Taman bermain anak-anak
  5. Kolam pancing
  6. Taman asri yang indah
  7. Panggung hiburan
  8. Bumi perkemahan
blog.disbudparkediri

Anda membaca artikel Wisata Jawa Timur : Ubalan, Wisata Alam Luar Biasa Beraroma Mistis dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://wisataandtravel.blogspot.com/2013/02/wisata-jawa-timur-ubalan-wisata-alam.html.


Backlink here..

Description: Wisata Jawa Timur : Ubalan, Wisata Alam Luar Biasa Beraroma Mistis Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: Wisata Jawa Timur : Ubalan, Wisata Alam Luar Biasa Beraroma Mistis


Shares News - 17.53


Share your views...

0 Respones to "Wisata Jawa Timur : Ubalan, Wisata Alam Luar Biasa Beraroma Mistis"

Posting Komentar